Why we must using nickname?

Pertama, maafken kalau judul di atas agak-agak ngaco tenses bahasa Inggrisnya (english saya emang agak kacau, tapi tetep sok-sokan pake bahasa Inggris, hhe). Ini cuma tulisan iseng-iseng aja kok. Gara-garanya kerjaan saya dua hari ini adalah mikirin nickname yang cocok untuk dipakai di dunia maya (khususnya di blog ini).

Awalnya sih saya mau pake nama asli aja. Lebih eksklusif kayaknya, dan ga terdengar alay, hehe. Tapi suami saya bilang, kalau apapun yang kita posting di internet, baik tulisan ataupun foto, itu bakal jadi milik publik. Sekalipun kita mengklaim bahwa blognya pengin dijadin blog pribadi.

Contohnya kalau ada yang search nama kita pakai google. Pasti dengan mudahnya semua tulisan atau foto yang pernah kita posting di internet akan muncul, dan orang akan sebebas mungkin memakainya. Ga perlu ijin dulu sama kita. Tulisan atau foto itu bisa “dibajak”, dicopy, atau yang paling serem sih disalahgunakan.

Suami saya kasih contoh ada teman sekerjanya yang rajin nge’blog. Suatu kali tanpa sepengetahuan temannya, foto temannya itu pernah dipakai oleh detik.com untuk suatu berita. Dan berita yang ditulis ga sesuai dengan cerita foto sebenarnya. Grrrrrwwllll.. Rasanya pengin marah dan nuntut aja yah. Tapi mau nuntut gimana. Ga bakalan didengerin apalagi diproses lebih lanjut.

Suami juga bilang kalau kita terlalu sering menulis cerita pribadi di internet, itu sama aja buka aib sendiri di publik. Kalau ceritanya tentang kehidupan rumah tangga, berarti buka aib rumah tangga, yang berarti dosa besar dalam agama Islam. Heuftt..saya jadi bimbang.

Padahal saya seneng banget nulis. Dan saya selalu ingin berbagi sama orang lain. Suka cerita-cerita aja. Tapi saya juga ga mau dianggap nyebarin aib sendiri, atau jadi durhaka sama suami *serem banget bahasanya*.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, suami kasih saran untuk menggunakan nickname kalau ingin muncul di dunia maya. Namanya aja dunia maya, kitanya juga mesti “maya”. Begitu kata suami saya. Trus kalau mau posting foto gimana? Kadang-kadang khan cerita kurang lengkap kalo ga ada fotonya?

Yaahh..suami saya sih menyarankan jangan posting foto. Tapi kalau memang saya tetep mau posting foto, berarti saya harus terima konsekuensinya. Amannya sih, jangan posting foto macem-macem yang bisa gampang disalahgunakan.

Oh, oke. Siap sayang! Kalau begitu, mulai saat ini dan seterusnya, saya akan menggunakan nickname di blog ini. Walopun nicknamenya juga tetep pake panggilan asli sehari-hari sih (hahaa sama aja dunk). Abis udah coba pake nama palsu, tapi kok rasanya aneh banget ya bacanya. Berasa ga pantes gitu. Jadi yaa nicknamenya nama yang biasa dipake aja, heheh..

Untuk foto juga tetep pake foto asli dounk *masa harus pake foto kartun* Tapi berusaha menahan diri untuk ga banyak-banyak upload foto. Dan bagi yang sudah tahu nama lengkap saya dan keluarga saya, psst psstt..diem-diem aja yaa, hehe..

Untuk ke depannya juga saya harus lebih pinter nyaring cerita sebelum diupload. Mudah-mudahan ga ada “aib keluarga” yang saya umbar disini. Kalau yang sebelum-sebelumnya uhmm..anggep aja “cuma sajak”. Hahaa..tetep sayang mau diapus.

Eh iya, kalau untuk twitter dan facebook sih saya tetep pake nama asli. Suami saya juga gitu. Tapi lebih mikir-mikir dulu aja sebelum nulis sesuatu. Kalau mau upload foto juga mulai dikurangi, yang penting-penting aja upload fotonya. Humm..padahal facebook saya album fotonya banyak banget *ketauan banget narsisnya*.

Sedangkan facebooknya suami saya, malah banyakan foto gundam dan figurenya daripada foto si empunya facebook. Profile picturenya aja gambar gundam. Ah, dia mah emang udah sakao mainan, hehehee… Peace sayang.. =p

Leave a Reply

