Deskripsi isi dapur (planning)

Deskripsi ini saya buat untuk panduan saat mengatur isi dapur saat pindahan rumah. Buat catatan pribadi sih. Tapi karna pengin didokumentasiin (biar ga kececer kemana-mana) saya tulis sekalian aja di blog ini.

20121015-212242.jpg
– Foto dapurnya masih yang berantakan karna lagi dipake tukang 😜 –

Dapur luar saya (dapur basah) berbentuk L, ukurannya sekitar 3 x 2 meter. Untuk meja yang panjang (3 meter), di bagian pojok kirinya ada sink (tempat cuci piring). Di dinding sebelah sink ada rak gantung untuk tempat sabun cuci piring, sabut, dan sabun cuci tangan. Jadi ga ada yang berserakan di pinggiran sink.

Di dinding depan sink dipasang hiasan daun-daunan gantung. Sebelah kanan sink ada rak piring dari plastik untuk naruh perabotan yang baru dicuci (masih basah). Di dinding depannya ada gantungan dari besi untuk codet dkk.

Meja di sebelah kanan sink dan rak piring dipakai untuk tempat mengolah/meracik bahan makanan. Di atasnya ada lemari dapur yang saya bawa dari rumah Jati Asih. Lemarinya ada tiga pintu dengan masing-masing terdiri dari dua rak. Untuk isinya masih saya pikirkan, karna saya mau maksimalkan penggunaan lemari bawah dulu.

Di pojok sebelah kanan meja 3 meter akan saya taruh oven gede pemberian ibu mertua waktu ulang tahun saya bulan April kemarin. Semoga ovennya akan menghasilkan banyak kue enak yang akhirnya bisa saya jadikan bisnis usaha rumahan yang sukses (ammiin..).

Sekarang pindah ke meja 2 meter. Di pojok sebelah kiri (depannya oven) adalah tempat kompor. Di atas kompor ada cooker hood. Semoga ga bahaya ya naruh kompor dan oven berdekatan. Di dekat oven (mungkin di sebelah kiri atau kanannya) saya taruh colokan panjang isi banyak (saya ga tahu apa namanya) untuk menyolok alat-alat masak yang memakai listrik.

Di sebelah kanan kompor ada rak kecil untuk tempat bumbu-bumbu dapur. Sebelah kanannya lagi sengaja saya kosongkan untuk naruh masakan yang baru matang, sebelum dibawa ke meja makan, dan bisa juga dipakai untuk meja makan asisten rumah tangga. Di sekitar meja kosong itu akan disediakan dispenser kecil untuk menyediakan air minum di dapur basah.

Nah, segini dulu ya tulisannya. To be continue dah. Soalnya sekarang udah malam. Saya mau tidur dulu 😊 Nite..

Leave a Reply

