Menjelang ulang tahun Dika ke 2

20121019-071228.jpg
– Dika udah gedeee ^_^ –

Makin hari Dika makin gede. Makin panjang juga badannya terutama kakinya. Celana panjangnya udah mulai ngatung. Kalo bajunya sih masih tetep muat yah, hehe. Dika kurus tapi panjang. Ah, yang penting Dika sehat. Berdasarkan hasil check up dengan dokter tumbuh kembang, perkembangan tinggi badan (TB), berat badan (BB), dan psikologis Dika bisa dikatakan bagus. TB dan BBnya masih sesuai dengan grafik pertumbuhan yang biasa kita lihat di Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk balita. Pokoknya semuanya bagus deh.

Kecuali soal bahasa, kalau kata dokternya sih seusia Dika seharusnya udah bisa sekitar 5-10 kata, dan setelah lewat 2 tahun (untuk Dika 2 tahun 2 bulan, karna ada usia koreksi untuk bayi yang lahir prematur) seharusnya udah bisa 200 kata. Wah, banyak banget ya 200 kata. Gimana ngitunginnya? Hehe, ga usah repot ngitungin kata dokternya. Patokannya asal anak udah bisa menirukan lagu yang biasa dia dengar, berarti udah nyampe 200 kata.

Kemampuan berbahasa Dika sekarang sepertinya belum mencapai target yang tertulis untuk usianya. Tapi ga bisa dibilang lambat lho ya. Tiap anak punya waktunya sendiri-sendiri kapan kemampuannya akan berkembang baik. Masih dalam range usia normal kok. Tapi ga ada salahnya khan kita berusaha lebih untuk meningkatkan kemampuan anak. Dokternya menyarankan untuk sering-sering memperdengarkan lagu ke Dika. Kalau perlu orang tuanya ikutan nyanyi. Hihihi, saya khan malu kalo mesti nyanyi sampai kedengeran orang lain. Apalagi sekarang masih numpang di rumah mertua. Jadi kalau mau nyanyiin Dika, pintu kamarnya mesti ditutup dulu, pastiin ga ada orang di sekitar luar kamar, trus nyanyinya pun ga berani kenceng-kenceng. Hahah, sok malu banget deh. Padahal dulu jamannya belum nikah, saya suka nyanyi kenceng-kenceng di dalam kamar sambil mainin gitar. Apalagi kalo lagi galau. Ups..

Demi meningkatkan kemampuan berbahasa Dika, wiken kemarin saya dan suami hunting cd lagu anak-anak ke kerfur. Ada beberapa cd tapi sayangnya ga bisa dicobain. Jadi kami pilih berdasarkan jumlah lagu terbanyak dan judulnya yang familiar sama kami. Di mobil saya sengaja ambil kotak cdnya dan dikasih ke Dika. Dia excited lho, mungkin karna covernya warna-warni dan banyak gambar-gambar lucu. Papanya Dika dengan sabarnya ngajarin Dika cara buka kotak cd, ambil cd, trus dimasukin ke pemutar cd di mobil. Hehehe..tumben banget deh ini papanya Dika lagi sabarrrr banget ngajarin anaknya, nemenin Dika nonton Disney Channel, ikutan nyanyiin lagu buat Dika. Padahal saya aja kadang males dan suka ga sabaran. Hehe..bagus lah ada kemajuan. Jadi khan Dika bisa tahu kalau papa dan mamanya sama-sama peduli dan mau ngajarin dia ini itu.

Dika sama papanya lagi narsis berdua. Mereka foto pake kamera depan. Papanya Dika jadi keliatan lebih lebar, hihi =p (efek kamera)

Dika pake peci papanya. Dia pake sendiri lho. Moga Dika bisa jadi anak soleh. Ammiin..

Di cd lagu anak-anak yang kami beli ada lagu Balonku, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Naik Delman, dan masih banyak lagi deh lagu anak-anak jaman saya kecil dulu. Bener-bener plek lagu anak-anak jaman dulu. Dan ternyata, suara musik dan penyanyinya pun ikutan plek jaman dulu. Masih dengan instrumen musik yang suka ada bunyi toet toet, pokoknya kayak lagi nonton film jadul deh. Hehee, agak geli juga sih waktu pertama dengerin. Tapi inget kata-kata sakti papanya Dika, “demi anak”, jadi yaa ga papa deh buat permulaan. Besok-besok khan bisa hunting cd lagi ya =p Semoga Dika bisa cepet lancar ya bicaranya. Biar kalau pengin apa-apa bisa jelas ngomongnya, ga pake nangis teriak-teriak lagi. Hehehe..

Ekspresi-ekspresi Dika. Kalo kata lek Ewi, Dika kayak lagi periksa giginya.

Our little hero “Adika”, 23 mos.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s