Prol Tape Keju

Hari Minggu lalu saya dapat kiriman tape dari kakek baik hati yang suka bersih-bersih di sekitar rumah. Di sekitar rumah saya khan masih banyak rumah kosong, nah biasanya si kakek ini bantuin bersihin sampah, nyapu-nyapu debu, atau cabutin rumput liar di rumah yang akan segera datang penghuninya. Oiya, saya belum cerita soal pindahan rumah ya. Hehe. Nanti ya setelah menulis tentang prol tape ini (kalau Dika ga tiba-tiba bangun dari tidur siangnya).

Si kakek banyak banget bawain oleh-oleh dari kampungnya di sekitar Bandung. Saya dapat 2 kg tape (peyeum Bandung), tahu Sumedang aslik, ikan asin 3 ekor gede, dan cemilan khas kampungnya yang rasanya kayak sale pisang tapi bentuknya kecil-kecil. Saya sendiri sebenarnya ga terlalu doyan makan tape. Tapi daripada tape 2 kg mubazir, akhirnya saya punya ide untuk bikin prol tape. Kalau udah jadi khan prol tapenya bisa dibagi-bagi ke tetangga depan rumah (pasangan muda dari Padang) dan ke tukang-tukang yang pada kerja di sekitar rumah. Termasuk dibagi ke kakek itu sendiri. Hehe, dia kasih tape, saya bikinin kue buat dia dari tapenya sendiri.

Setelah browsing saya pun mengambil resep Prol Tape Keju dari sini. Cara bikinnya lumayan mudah, bahannya pun mudah didapat, dan ada dua bahan favorit saya yaitu susu dan keju. Moga ga makin membuncit ini peruuutt *elus-elus perut*. Ini dia resepnya yang saya salin dari web di atas, dengan sedikit perubahan dari saya.

Bahan :
– 300 tape singkong, haluskan
– 75 gr gula pasir
– 1/2 sdt garam
– 3 butir telur, kocok lepas
– 70 gr tepung protein sedang
– 100 ml susu cair
– 50 gr margarin, lelehkan
– 1 kuning telur untuk olesan
– keju parut secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
1. Remas-remas tape singkong, gula pasir, dan garam sampai gula larut.
2. Masukkan telur. Aduk rata.
3. Tambahkan tepung terigu. Aduk rata.
4. Masukkan susu dan margarin leleh. Aduk rata.
5. Tuang di loyang 18x18x4 cm yang dioles margarin dan ditaburi tepung terigu (saya ga inget pake loyang ukuran berapa, kayaknya lebih gede dari ini).
6. Oven 20 menit dengan suhu 180 C. Oles kuning telur. Taburi keju parut.
7. Panggang lagi selama kurang lebih 30 menit sampai matang.
8. Sajikan dalam potongan-potongan kecil.

Dari 1,5 kg tape saya dapat dua loyang Prol Tape Keju. Kalau dilihat dari takaran bahan berarti saya bikin 4 resep. Hehehe, brasa mau jualan. Saya sengaja sisakan setengah kilo tape yang ga diolah buat dicemilin Mas Agung (tapi ujung-ujungnya dianggurin juga 😞). Dan inilah dia Prol Tape Keju buatan sayaaa…

20121118-131304.jpg

Tadinya saya mau kasih 50 potong Prol Tape Keju ke kantornya Mas Agung. Buat temen-temennya yang doyan nyemil. Siapa tahu Mas Agung jadi bangga kue buatan istrinya bisa dinikmat temen-temennya, trus besoknya pada pesen lagi, trus saya jualin deh, hahaha (ge’er banget deh, baru juga skali bikin). Tapiii, karna satu dan lain hal, kuenya ga jadi singgah ke kantornya Mas Agung. Hiks, padahal udah saya packing yang rapi.

Tapi ga papa, khan di sekitar rumah masih banyak mulut yang bisa dipake buat ngunyah. Hahaha, maksudnya masih banyak orang yang bisa dibagi-bagi. Akhirnya, satu piring Prol Tape Keju saya kasih ke tetangga depan (dan dia seneng banget), yang satu loyang lagi saya kasih ke kakek baik hati untuk dibagi ke tukang yang lain. Waktu lagi ngasih kuenya tiba-tiba si kakek nawarin cumi-cumi yang mau dia bawain lagi minggu depan kalo pulang ke kampungnya di Cirebon (ini yang bener kampungnya di mana ya? Bandung apa Cirebon).

Hihihi, saya sebagai penggemar berat cumi-cumi apalagi kali ini dapetnya gratisan rasanya pengin langsung senyum sumringah sambil bilang, “Oh boleh kek, boleh banget. Skalian aja sama udang, gurita, gurame..” (ngelunjak). Eh tapiii saya jaim doong. Saya cuma bilang, “Hehe, boleh aja kek, asal ga ngerepotin. Kalo repot mah ga usah.“. Hihihii padahal dalem ati udah seneng banget bakal dapet cumi-cumi gratis (ngarep banget).

Huahhh..saya pun yang tadinya sedih karna kue buatan saya ga jadi dinikmati temen-temen kantor Mas Agung akhirnya bisa senang kembali. Ternyata memberi itu bisa membahagiakan diri ya. Semoga yang diberi suka sama kuenya. Uhmm..besok bikin kue apa lagi ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s