Rainbow Cake with White Chocolate Truffle special for husband’s birthday

Ini sebenernya postingan yang udah telaaaaat banget. Baru inget lagi mau share ini di blog, padahal ulang tahun suami udah dari bulan Juli kemarin. Hehe..telat 4 bulan ga papa ya, daripada ga sama sekali.

Jadi critanya dalam rangka ultah suami tahun ini, saya yang dari dulu selalu pengin kasih kejutan spesial sama orang tersayang (cieahh..) kali ini udah kebingungan nih mau kasih surprise apa lagi. Tahun 2009 udah bikinin gundam handmade dari kain flanel (dan masih dipajang di mobilnya sampai sekarang. Yeiiyyy!!! *senyum sumringah*), tahun 2010 udah married kadonya pasti lebih spesial dunk (u know lah, hahaa), tahun 2011 kasih kado abis subuh (tapi kok lupa yaa apa kadonya, hhe), nah tahun 2012 ini saya keabisan ide.

Selain kehabisan ide, saya juga kehabisan duit. Hahaha.. Soalnya ultah suami jatuh pada tanggal 30 Juli, dimana pas banget akhir bulan, dan biasanya uang bulanan saya udah menipis banget, atau kadang nihil, hihi. Udah niat nabung dari bulan-bulan sebelumnya, tapi slalu gagal, adaaa aja yang tiba-tiba diperluin (ga konsisten nih nabungnya).

Nah, pas lagi iseng-iseng liat timeline facebook suami jaman tahun 2009, saya baca salah satu update statusnya yang tertulis bahwa dia lagi pengin white chocolate truffle. Hehehe, postingan jaman baheula, tapi ga papa lah dijadiin referensi. Akhirnya saya punya ide *cling!* bikinin white chocolate truffle cake untuk surprise ultah suami. Sekalian nyoba kado oven dari mertua.

Di tengah perjalanan mengumpulkan bahan, saya tiba-tiba inget kalau adek ipar saya pernah minta dibikinin rainbow cake yang lagi naek daon itu, hehehe. Nah daripada dobel-dobel, mendingan sekalian aja deh saya bikin rainbow cake yang luarnya dikasih topping white chocolate truffle. Khan kalau udah jadi bisa dibagi-bagi tuh, jadi semua syenang, hahaa..

Untuk resep rainbow cakenya saya ambil dari sini. Di web itu ada beberapa resep rainbow cake, yang saya ambil adalah super epic rainbow cake alias resep rainbow cake aslik dari negara asalnya sonoh. Sedangkan untuk resep white chocolate trufflenya saya ambil dari sini. Saya cuma ambil resep trufflenya aja ya, khan cakenya udah pakai rainbow cake.

Nah, berikut ini resep gabungan dari dua web di atas, untuk membuat Rainbow Cake with White Chocolate Truffle. Ini saya salin langsung ya dari webnya.

*Super Epic Rainbow Cake*
Bahan :
226 gr Butter (suhu ruang)
466gr gula (kurangi menjadi 375gr krn resep luar terlalu manis diadaptasi di indo)
5 btr Putih telur (suhu ruang)
2 sdt vanila esens
375 gr tepung (aku pake segitiga biru)
4 sdt baking powder
1/2 sdt garam
355 gr susu milk (aku pake UHT)
pewarna : merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu (saya pakai empat warna aja yaitu merah, kuning, hijau, dan ungu)

Cara membuat :
1. Pasang oven di suhu 160 derajat celcius
2. Campur dalam satu wadah : tepung, baking powder dan garam sisihkan
3. Jadikan satu 5 btr putih telur dalam satu wadah kocok pakai whisker sebentar (tidak harus kaku), sisihkan
4. Kocok jadi satu : butter dan gula sampai lembut, tambahkan putih telur sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai pucat
5. Tambahkan campuran tepung dan susu UHT secara bergantian dalam adonan telur, aduk rata
6. Bagi adonan menjadi 4 dalam wadah (caraku : sebelum mikser butter dan gul, wadah aku timbang dahulu, setelah adonan jadi aku timbang lagi dan aku kurangi berat wadah, jadi total berat adonan aku bagi 4 sama rata)
7. Warnai adonan dengan warna merah, kuning, hijau, dan ungu, taruh dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti dan dioles mentega
8. Panggang lebih kurang 15-20 menit.
9. Kalau ovennya gede bisa panggang jadi satu kali yah bisa menghemat waktu, kalo ovennya kecil yah manggangnya satu2 hehehe, sampai 4 kali manggang..
10. Disarankan membagi resep 2 kali pembuatan apabila oven kecil, jadi buat setengah resep untuk 2 warna, lalu buat lagi agar adonan tidak lama menanti.

*White Chocolate Truffle*
Bahan Truffle :
750 ml krim kental (thickened cream)
375 gram white cooking chocolate, potong-potong
4 lembar gelatine atau 2 sdt gelatine bubuk (for Muslims, pastikan gelatinnya halal!)
2 sdm air

Cara membuat Truffle :
1. Campur krim kental dan white cooking chocolate, masak di atas api kecil sampai coklat meleleh. Angkat dari atas api.
2. Siapkan gelatine sesuai petunjuk kemasan sampai siap dipakai.
3. Campurkan gelatine dengan 2 sdm air lalu tim di atas panco kecil sampai gelatine lumer.
4. Campurkan larutan gelatine ke dalam larutan krim. Aduk sampai rata.
5. Tuang ke atas cake lalu dinginkan.

Saya menggunakan krim kental yang setengah beku untuk melapisi tiap bagian rainbow cake. Tapi sepertinya ini bukan contoh yang bagus lho, karna saat krim kental yang beku itu meleleh, alhasil krimnya beleber kemana-mana sampai mengotori separuh meja makan. Hahahaa.. Jadi daripada eksperimen mendingan pakai cream cheese yang udah jadi aja deh. Lebih “kokoh” dan ga gampang lumer, hihii..

Setelah mengalami banyak eror sehingga menyebabkan meja makan dan dapur saya berantakan plus kotor di sana sini, akhirnya jadi juga deh cake spesial untuk ultah suami tahun ini. Silahkan dilihat foto-fotonya 😊

20121130-221600.jpg
– Masing-masing lapisan udah mateng. Siap ditumpuk jadi satu biar cakenya tinggiii –

20121130-221729.jpg
– Ini setelah ditumpuk dan masing-masing lapisan dikasih krim kental yang akhirnya lumer itu, hihi. –

20121130-221831.jpg
– Voila!! Rainbow Cake with White Chocolate Truffle ala Chef Cassa (bacanya pake gaya Farah Quinn, hhe). Kliatan banget nih amatirannya, masih berantakan disana sini, hihi –

20121130-222018.jpg
– Surprise for luvly hubby!! Masih ngantuk, lagi mau sahur, ditodong kue ultah skalian difoto, hehe. Happy birthday sayang!! 😘 –

20121130-222140.jpg
– Rainbow cakenya setelah dipotong. Tetep kliatan cantik khan yaa (maksa banget nih). Walopun cakenya kemanisan (banget! Hehe), tapi rasanya enak (kata Mamaku), dalemnya legit ga kayak rainbow cake yang biasa dijual, dalemnya cuma kayak bolu biasa. Yaiyalah beda, khan saya pake resep super epic rainbow cake yang aslik, hohoho. Jadi, berhasil dong yaaa (walopun kemanisan) 😜 –

Leave a Reply

