Segitu pentingnya resep dokter?

Keluarga saya punya prinsip bahwa obat dokter apapun itu harus digunakan sesuai resep dokter. Berarti untuk mendapatkannya pun harus dengan resep dokter. Kami bukan dokter, tapi menurut kami obat adalah benda yang harus digunakan dengan tepat. Jika dosisnya tepat akan membawa kebaikan yaitu kesembuhan. Tapi jika dosisnya tidak tepat akan membawa mala petaka. Ga percaya? Pasti banyak yang ga percaya deh.

Mirisnya, di kehidupan sekitar kita, bahkan mungkin teman-teman kita sendiri banyak yang merasa sudah hebat ketika bisa mengetahui semua jenis obat baik obat bebas maupun obat dengan resep dokter. Sehingga ketika mereka sakit, ya langsung beli aja obat di apotik, daripada harus bayar dokter lagi, pikir mereka.

Kalau yang dibeli obat bebas sih ga papa ya. Tapi kalau yang dibeli itu obat yang seharusnya dengan resep dokter, apalagi antibiotik, aduh, tepok jidat deh saya. Kenapa sih mereka sePD itu untuk beli obat sembarangan.

Padahal yaa..sepengetahuan saya, dokter itu meresepkan obat pada tiap orang itu beda. Tiap orang punya dosisnya masing-masing sesuai kondisi tubuhnya. Jangankan tiap orang deh, pada orang yang sama aja bisa beda dosis lho, ketika mereka sakit di waktu yang berbeda.

Seharusnya kita menghargai profesi dokter yang udah susah payah belajar untuk mengabdikan jasanya pada kita, membantu menyehatkan orang yang sakit. Mereka jauuuh lebih tahu dari kita yang mungkin baru tahu nama-nama obat itu ya berdasar pengalaman berobat sekali dua kali aja.

Yahh mungkin orang berpikir ga papa toh ga usah pake resep dokter, ujung-ujungnya bisa sembuh juga. Nah, sekarang sih sembuh, tapi kita ga tahu kan seberapa besar efek negatifnya ke tubuh kalau mengkonsumsi obat dokter tanpa dosis yang tepat.

Uhmm..tulisan ini hanya bentuk kekecewaan saya terhadap orang-orang yang masih seenaknya aja beli obat dokter tanpa resep. Jangan dijadikan patokan ya, karena saya menulis tanpa referensi, hanya berdasarkan penilaian saya pribadi. Kalau ada yang tersinggung mohon dimaafkan. Cuma ingin berbagi prinsip, siapa tahu prinsip yang saya jalani ini bisa memberi manfaat bagi yang membaca.

Sekian.. Dan smoga cepat sembuh bagi yang sedang sakit 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s